IDENTIFIKASI METABOLIT SEKUNDER DAN AKTIVITAS LARVASIDA DARI DAUN BUNGA MATAHARI (Helianthus annuus L.) TERHADAP LARVA AEDES AEGYPTI sp.

  • Ahmad Purnawarman Faisal

Abstract

Penelitian Identifikasi Metabolit Sekunder dan Aktivitas Larvasida dari Daun Bunga Matahari (Helianthus annuus L.) terhadap Larva Aedes Aegypti sp. telah dilakukan.Identifikasi metabolit sekunder dilakukan dengan melakukan uji ekstrak dan fraksi daun bunga matahari terhadap pereaksi, sedangkan uji bioaktivitas dilakukan dengan metode Brine shrimp Lethality Test (BSLT).Ektrak daun bunga matahari telah diekstrak menggunakan pelarut metanol dan difraksi menggunakan pelarut nheksana, etil asetat, dan n-butanol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendemen yang diperoleh dari ekstrak kasar metanol adalah 6,20%, n-heksana 0,21%, etil asetat 0,15%, n-butanol 0,08%. Golongan senyawa metabolit sekunder yang terdapat dalam ekstrak daun bunga matahari adalah alkaloid, flavonoid, saponin, dan steroid.Dan konsentrasi ekstrak yang dapat memberikan efek larvasida yang paling baik yaitu fraksi n-butanol dengan nilai LC99 yang paling kecil yaitu 36,39 ppm.
Kata kunci: Helianthus annuus L., Larvasida, Aedes aegypti

Published
Jun 7, 2018
How to Cite
FAISAL, Ahmad Purnawarman. IDENTIFIKASI METABOLIT SEKUNDER DAN AKTIVITAS LARVASIDA DARI DAUN BUNGA MATAHARI (Helianthus annuus L.) TERHADAP LARVA AEDES AEGYPTI sp.. MMLTJ(Mahakam Medical Laboratory Technology Journal), [S.l.], v. 2, n. 2, june 2018. ISSN 2548-5180. Available at: <http://ejournalanalis.poltekkes-kaltim.ac.id/ojs/index.php/Analis/article/view/38>. Date accessed: 20 nov. 2018.
Section
Articles