ANALISIS KUALITATIF KANDUNGAN BERBAHAYA PADA MAKANAN DI KANTIN UNIVERSITAS WIDYA GAMA MAHAKAM SAMARINDA

  • Pramardika Pramardika

Abstract

Pangan merupakan salah satu faktor yang langsung berpengaruh terhadap kondisi kesehatan manusia. Menurut penelitian Balai Besar POM Samarinda pada tahun 2014 masih banyak bahan berbahaya yang ditemukan dalam pangan yang beredar di Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk memeriksa kandungan berbahaya pada makanan di kanti Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda.

Penelitian ini penelitian deskriptif laboratorik untuk melihat kandungan boraks, formalin, methanyl yellow dan rhodamin B. Jumlah sampel penelitian sebanyak 4 sampel. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purpossive Sampling.  Analisis sampel menggunakan test kit boraks, formalin, methanyl yellow dan rhodamin B secara kualitatif.

Hasil penelitian menunjukan pada uji boraks semua sampel negatif mengandung boraks, pada uji formalin sebanyak 3 dari 4 sampel positif mengandung formalin, pada uji methanyl yellow semua sampel negatif mengandung methanyl yellow, dan pada uji rhodamin B semua sampel negatif mengandung rhodamin B. Sebanyak 3 sampel positif mengandung formalin yaitu nugget, sosis kecil dan sosis besar. Pihak Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda melakukan pembinaan terhadap pedagang yang menjual makanan yang mengandung bahan berbahaya.

Published
2017-07-14
Section
Articles